About

Sebagaimana dimaklumi bahwa permasalahan masyarakat suku terasing di Provinsi Riau adalah merupakan suatu persoalan yang sangat kompleks yang mencakup berbagai aspek kehidupan dan penghidupan mereka, sehingga di dalam usaha pembinaannya pun sangatlah dibutuhkan adanya suatu kebijaksanaan yang terpadu yang bersifat komprehensif, berencana dan bertahap sesuai dengan keadaan tingkat perubahan sosial budaya mereka.

Demikian pula kaitan berdirinya Yayasan Pembina Taman Hidayah (YPTH) tahun 1983 di Kandis (sebelum otonomi daerah), kawasan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, merupakan alternatif lain guna membantu pihak Pemerintah dalam usaha pengembangan kesejahteraan masyarakat terasing (Suku Sakai) ke arah yang lebih sesuai dengan tuntutan era pembangunan, sehingga pada masanya dapat berpartisipasi terhadap pembangunan itu sendiri.

Dan Alhamdulillah, setelah berupaya melakukan pemberantasan buta huruf bekerja sama dengan mahasiswa FKIP UNRI – Sekolah Dasar untuk pertama kali didirikan di Balai Sosial PKMT itu telah dapat kami serahkan kepada Pemerintah Daerah yang sekarang menjadi Sekolah Dasar Negeri Nomor 002 Kecamatan Kandis.

Untuk kegiatan selanjutnya seiring dengan pertumbuhan anak usia sekolah yang ada di lokasi PKMT Kandis tersebut, memasuki Tahun Ajaran 1991/1992 YPTH telah dapat mendirikan Sekolah Menengah Pertama (SMP Al Hidayah) yang terletak di pinggir jalan Raya Minas-Duri, lengkap dengan Panti/Asrama, sehingga mutu anak didik dapat berjalan lebih efektif dan berkompetitif pada tahun-tahun berikutnya.

Terakhir pada 26 Oktober 2016 yang lalu SMP Al Hidayah Kandis telah memperoleh sertifikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Riah dengan peringkat “Akreditasi A”. Sesuai dengan kondisi dan perkembangan, usaha pendidikan ini akan meningkatkan lagi secara terus menerus hingga perguruan tinggi.